13 Tempat Wisata di Jambi yang Wajib Dikunjungi

Jambi berada di pesisir timur Pulau Sumatera. Sama seperti Gorontalo dan Bengkulu, provinsi ini memiliki nama yang sama dengan ibu kotanya. Jika dilihat masa lalunya, Jambi menjadi salah satu wilayah yang berada di bawah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya, sehingga tak mengherankan jika ditemukan kompleks candi besar di sini.

jambi

Jambi tak hanya mengenai peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Di sini, ada banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Jika berada di Jambi, sempatkan waktu Anda untuk datang ke tempat wisata ini supaya dapat mengenal Jambi lebih dekat. Berikut 10 tempat wisata di Jambi yang wajib Anda kunjungi:

1. Gunung Kerinci

DSC_0136

Gunung Kerinci (juga dieja “Kerintji”, dan dikenal sebagai Gunung Gadang, Berapi Kurinci, Kerinchi, Korinci, atau Puncak Indrapura) adalah gunung tertinggi di Sumatra, gunung berapi tertinggi di Indonesia, dan puncak tertinggi di Indonesia di luar Papua. Gunung Kerinci terletak di Provinsi Jambi yang berbatasan dengan provinsi Sumatera Barat, di Pegunungan Bukit Barisan, dekat pantai barat, dan terletak sekitar 130 km sebelah selatan Padang. Gunung ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat harimau sumatra dan badak sumatra.

Puncak Gunung Kerinci berada pada ketinggian 3.805 mdpl, di sini pengunjung dapat melihat di kejauhan membentang pemandangan indah Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu. Bahkan Samudera Hindia yang luas dapat terlihat dengan jelas. Gunung Kerinci memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau. Di sebelah timur terdapat danau Bento, rawa berair jernih tertinggi di Sumatera. Di belakangnya terdapat gunung tujuh dengan kawah yang sangat indah yang hampir tak tersentuh.

2. Menara Gentala Arasy

Hipwee-tanggo

Dibangun di pinggir Sungai Batanghari dengan tinggi 80 meter. Pada puncak menara terdapat jam di ke-empat sisinya sebagai penunjuk waktu sholat umat Muslim. Menara inipun memiliki lift yang akan membawa anda untuk menikmati pemandangan kota Jambi di ketinggian.

Terintegrasi dengan menara ini adalah Titian Arasy yaitu jembatan khusus pejalan kaki dengan desain berliku menyerupai huruf S yang akan menghubungkan kawasan Taman Tanggo Rajo ke lantai dasar menara dimana Anda dapat memasuki museum lengkap dengan ruang teater untuk melihat sejarah masuk berkembangnya agama Islam di Jambi.

3. Danau Kerinci

DSCF8381

Danau Kerinci terbentang di kaki Gunung Raja, di Kecamatan Danau Kerinci dan Kecamatan Keliling Danau Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Di Provinsi Jambi, Danau Kerinci merupakan danau terbesar yang memiliki luas 4.200 Hektar dengan kedalaman 110 Meter Sedangkan ketinggiannya mencapai 783 Meter di atas permukaan laut dan memiliki kelililing sepanjang 70 Km.

Menurut para peneliti geologi, Danau Kerinci adalah bagian daripada lembah Gunung Kerinci. Lembah ini kemudian terbentuk karena letusan-letusan kecil yang diakibatkan oleh gunung berapi dan penurunan Pegunungan Bukit Barisan. Kemudian, air yang ada di gunung mengisi lembah ini sehingga terbentuklah sebuah danau yang berukuran besar. Dalam ribuan tahun, proses tersebut mampu memperkecil ukuran danau hingga berubah menjadi danau Kerinci dengan perairannya yang melintasi sungai Batang Merangin. Wilayah ini merupakan alur patahan Sumatera, sehingga secara periodik terjadi gempa tektonik yang merupakan akibat gerakan bagian–bagian dari lithosfera yang mendapat tekanan horizontal berlawanan arah

4. Tugu Keris Siginjai

2018-01-06-12.10.18-1686071593576723991_1451499058

Mencari hiburan santai atau sekedar cuci mata, melihat lalu lalang kendaraan maupun selfie bersama kawan – kawan. Datang saja ke daerah Kota Baru tepatnya di depan balaikota jambi, disana berdiri sebuah tugu keris yang baru – baru ini telah diresmikan oleh Wali Kota jambi Syarif Fasha dan menjadi magnet yang menarik perhatian warga. Tugu ini memang memiliki nilai histori yang tinggi dan merupakan pusaka sejarah kebanggaan jambi.

Selain suasana lingkungan tugu yang terbilang asik karena berdekatan dengan area Taman JOMBLO (Jambi Orang Melayu Bangkit Lebih Optimis) , tugu ini juga menjadi tempat yang nyaman bagi masyarakat untuk duduk santai bersama keluarga, kongkow atau melakukan kegiatan seni dan budaya, disepanjang taman banyak pedagang makanan maupun minuman dengan harga yang murah bin meriah membuat semaraknya suasana, tak heran sekarang area ini menjadi spot yang happening banget buat pertunjukan hiburan & menjadi destinasi wisata gratis yang disukai oleh masyarakat tanah pilih pusako batuah.

5. Danau Kaco Kerinci

IMG_20170603_115752_847

Danau Kaco merupakan sebuah telaga atau danau yang terdapat di dalam hutan Taman Nasional Kerinci Seblat dengan keindahan yang sangat memukai dan mengagumkan. Meskipun dengan luas yang terhitung sangat kecil tidak seperti kebanyakan danau lainnya, namun justru keindahannya sangatlah mengagumkan, mungkin Danau Kaco termasuk dalam salahsatu lokasi di dunia ini yang bisa disebut sebagai lokasi sureal. Kaco sendiri dalam bahasa daerah berarti kaca, di mana hal tersebut menggambarkan bagaimana keindahan danau tersebut dengan air yang teramat bening bahkan diibaratkan sebagai kaca.

Keindahan Danau Kaco seakan terselubung dan tersembunyi di balik lebatnya hutan. Sebagai gambaran awal sebelum anda benar-benar berkunjung, Danau Kaco memiliki air yang teramat bening dengan bias warna biru yang terlihat dari atas. Warna indah tersebut sangat kontras dengan keadaan sekitar yang penuh dengan pepohonan berwarna hijau alami. Beningnya air danau akan membuat anda dapat dengan leluasa melihat ikan yang berenang di dalam air dengan bebasnya, dengan jumlah sangat banyak dan terlihat dengan sangat jelas. Meskipun demikian hingga kini kedalaman danau ini masih belum dapat diketahui. Upaya penelitian masih belum diteruskan sebab menurut penelitian terakhir dasar danau masih belum bisa tersentuh dan terlihat meskipun pada saat itu oksigen dalam tabung yang digunakan oleh penyelam sudah habis.

6. Danau Pauh Jangkat Merangin

DSC_0521

Danau Pauh adalah danau vulkanik yang terbentuk dan berasal dari hasil kegiatan gunung berapi. Berada di ketinggian 1.200M Dpl, luas Danau Pauh ini +/- 30 Hektar dengan kedalaman +/- 20M, serta di sekitarnya terdapat beraneka ragam flora dan fauna yang merupakan bagian dari kawasan Hutan Konservasi Taman Nasional Kerinci Seblat.

Danau Pauh ini airnya sangat jernih dan tenang tidak berombak. Sebegitu beningnya, sehingga kita dapat melihat bayangan Gunung Masurai begitu jelas bagaikan berada dalam cermin. Jika dilihat dari kejauhan Danau Pauh ini airnya terlihat berwarna biru seperti air laut. Keadaan udara dan kondisi alam yang memikat ditunjang latar belakang Gunung Masurai membuat udaranya sangat sejuk, dan menjadi sajian lengkap bagi wisatawan. Di sekitar danau terdapat rumah penduduk dengan perkebunan kopi, kayu manis, kentang, cabai dan sayuran serta pemandangan sawah yang terhampar luas.

Danau Pauh berada di Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Diapit oleh dua sungai besar yaitu Batang Mentenang dan Batang Manderas yang begitu jernih dan indah, tempat ini bagai surga yang tersembunyi bagi wisatawan. Karena menyimpan begitu banyak tempat wisata alam yang sangat indah mengagumkan serta mempesona dan begitu memberikan ketenangan bagi siapapun yang berkunjung kesini.

7. Goa Calau Petak Bukit Bulan Sarolangun

DSC08669

Goa di daerah bukit bulan ini, yang masyarakat sekitar di sebut goa calau petak. berjarak lebih kurang 70km dan memakan waktu lebih kurang 3 jam dari pusat kota Sarolangun.Perjalanan melewati DAM sebuah DAM terbesar di jambi. Akses menuju bukit bulan ini sangatlah terjal dan rusak parah. Walaupun ada jalan beraspal namun lobang-lobang besar memenuhi jalan, harus sopir berpengalaman dan kondisi mobil yang bagus,
Dari desa perjalanan sekitar masuk goa dari desa maribung dan keluar dari desa napal melintang. Goa ini diperkirakan berjarak 1,5 km untuk sampai tembus ke desa napal melintang. Semakin masuk ke dalam goa, terus menuruni batuan, kadang harus merunduk. Didalam goa juga terdapat beberapa cabang perlintasan, Untung beberapa warga membawa alat penerangan sehingga tidak terlalu gelap didalam dan tidak tersesat diperlukan sebuah alat untuk penerangan banyak Terdapat titik – titik yang sangat menarik di dalam goa.
Warga disana menyebut tempat tempat tersebut diantaranya perahu dewa, tempat mandi putri, kayangan, tirai dewa dan lain sebagainya. Sebagian warga mempercayai bahwa tempat ini sebuah kerajaan dewa masa lalu. Dan Di dalam goa juga terdapat aliran sungai yang sangat jernih, paling dalam setinggi lutut orang dewasa.di ujung goa ada juga juga menunujukan tempat peristirahatan dewa tidak jauh dari mulut goa desa napal melintang. Untuk mencapai goa tempat peristirahatan dewa harus mendaki dulu dan agak terjal, banyak berpegangan pada akar pohon besar untuk bisa sampai.

8. Danau Gunung 7 Kerinci

danau-gunung-tujuh-kerinci

Salah satu andalan objek wisata di Provinsi Jambi yaitu Danau Gunung Tujuh. Terletak di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, Indonesia. Danau ini merupakan kebanggan tersendiri bagi masyarakat kerinci karena Danau Gunung Tujuh merupakan Danau tertinggi di Asia Tenggara.

Seperti yang tersirat dari namanya, danau tersebut memang dikelilingi tujuh gunung. Ada pun ketujuh gunung tersebut adalah Gunung Hulu Tebo, Gunung Hulu Sangir, Gunung Madura Besi, Gunung Lumut , Gunung Selasih, Gunung Jar Panggang, dan Gunung Tujuh. Luasnya sekitar 960 hektare, dengan ukuran panjang 4,5 kilometer serta lebar tiga kilometer. Danau ini memiliki ketinggian sekitar 3,805 meter, jalan menuju puncak sangatlah terjal dengan kemiringan mencapai 50 – 60 derajat.

Selain melakukan pendakian tidak sedikit pengunjung yang hanya menikmati udara dan keindahan alam di sekitar Danau. Daya tarik dari danau ini yaitu panorama keindahan yang alami dan berhawa sejuk, karena berada di daerah pegunungan, seperti Telaga Sarangan yang ada di Pulau Jawa. Selain itu, airnya yang jernih akan membuat mata Anda terasa segar. Jika Anda ingin menjelajah danau ini, Anda bisa menyewa perahu dari masyarakat di sekitar danau yang juga berprofesi sebagai nelayan.

Selain keindahan alam,udara yang masih asri, tidak sedikit pula Flora dan Fauna yang terdapat di sekitar Danau ini antara lain:Harimau, Beruang Madu, Babi Hutan, berbagai macam Burung serta Kupu-kupu sedangkan untuk Floranya sendiri masih banyak dijumpai berbagai jenis Anggrek dan Kantong Semar. Di sekitar danau, terdapat beberapa tempat dengan hamparan pasir layaknya berada di pantai. Tempat tersebut, biasanya digunakan oleh wisatawan untuk mendirikan tenda dan bermalam di danau ini. Mereka sengaja bermalam di tempat tesebut. karena ingin melihat pesona matahari terbit di Danau Gunung Tujuh.

9. Bukit Tamulun Bukui Bulan Sarolangun

IMG_0554 - Copy

Pengunjung berada di kawasan wisata Bukit Tamulun, Renah Alai, Limun, Sarolangun, Jambi, Selasa (7/2). Bukit Tamulun yang memiliki struktur batu cadas khas dengan ketitinggian sekitar 200 meter tersebut merupakan salah satu potensi wisata daerah yang masih dikelola secara adat. Bukit Tamulun masih minim sarana-prasarana penunjang wisata.

10. Candi Muaro Jambi

IMG20170730131453.jpg

Candi Muaro Jambi merupakan salah satu obyek wisata yang terletak di Desa Nuaro Jambi, Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, Indonesia. Tepat nya lagi terletak di tepi Batang Hari, berjarak 30,6 km dari Universitas Jambi dan sekitar 26 km arah timur Kota Jambi. Candi ini memiliki luas sekitar 12 km persegi dengan panjang lebih dari 7 km serta luas nya mencapai 260 hektar. Kompleks candi ini merupakan kompleks candi terbesar se-Indonesia bahkan terbesar se Asia Tenggara. Bahkan sejak yahun 2009, Kompleks Candi Muaro Jambi ini telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai salah satu Situs Warisan Dunia. Untuk dapat sampai ke lokasi candi ini, wisatawan dapat menggunakan dua jalur yakni jalur darat dan jalur air.Dengan menggunakan akses darat, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi, mencarter mobil atau menggunakan jasa ojek.

Kapasitas setiap ketek atau perahu yakni antara 10 sampai 15 penumpang, lama perjalanan jika wisatawan menggunakan jalur ini sekitar 20 hingga 30 menit perjalanan sampai ke obyek wisata candi Muaro Jambi. Candi ini sendiri diperkirakan telah dibangun sejak abad ke 4 Masehi dengan gaya arsitekturnya mencerminkan kebudayaan Melayu-Budha. Berdasarkan penelitaian para Arkeolog, dahulu kala kompleks candi ini digunakan sebagai pusat kerajaan kuno. Di kompleks candi ini terdapat sekitar 110 candi yang telah dipugar atau ditemukan yang terbagi menjadi 39 kelompok candi. Di perkirakan masih terdapat candi-candi lain yang masih terkubur di sekitar kompleks tersebut. di antra ke 110 candi tersebut yang telah di pugar diantaranya: Candi Tinggi I dan II, Candi Gumpung, Candi Kedaton, Candi Astano, Candi Koto Mahligai, Candi Bukit Sengalo dan lainnya.

Pemugaran-pemugaran candi tersebut dilakukan siktar tahun 1979 hingga tahun 1988. Diantara belasan candi tersebut, ada beberapa candi yang menarik untuk dikunjunggi salah satu nya yakni candi Tinggi. Candi Tinggi merupakan candi yang akan ditemui pertama kali oleh wisatawan ketika memasuki area kompleks candi. Di candi Tinggi ini wisatawan bisa naik sampai ke puncak melalui tangga. Selain itu ada candi Gumpung yang juga cukup terkenal, karena letak nya di atas lapangan yang luas. Candi Gumpung merupakan candi terbesar kedua setelah candi Kedaton di kompleks candi Muaro Jambi ini. selain dapat menyaksikan kemegahan candi, di kompleks candi Gumpung ini juga terdapat sebuah telaga, yang berdasarkan informasi bahwa telaga tersebut merupakan tempat pemandian para raja zaman dahulu.

Meskipun dibuka untuk umum, namun wisatawan juga harus berhati-hati saat mengunjunggi obyek wisata ini. hal ini di karenakan, bahan dasar candi tersebut terbuat dari batu bata, sehingga cukup mudah rusak. Untuk dapat menikmati kemegahan kompleks candi terbesar se Asia Tenggara ini. Karena lokasi nya yang sangat luas, pengelola obyek wisata ini menyediakan fasilitas berupa sepeda yang dapat disewa oleh para wisatawan sekalian. Harga sewa nya yakni Rp 10.000,- untuk sepeda single per jam nya dan Rp 20.000,- untuk sepeda tandem per jam nya. Dengan sepeda inilah, para wisatawan dapat berkeliling di kompleks candi seluas lebih 2.000 hektar ini.

11.  Hesti’s Garden Jangkat Merangin

DSC_0659

Secara geografis, Hesti’s Garden berada pada Desa Muara Madras, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Jambi. Lokasi dari taman ini tepat berada di tepi jalan raya, yang berjarak kurang lebih 120 kilometer dari Kota Bangko. Pengunjung pun harus rela menempuh jarak yang cukup jauh ini dengan berkendara selama 3 jam. Untungnya, terdapat beberapa alternatif transportasi untuk menjangkau taman ini.

Hesti’s Garden dibangun pada tahun 2016 lalu, oleh Hj. Hesnidar Haris atau yang akrab disapa Hesti. Beliau merupakan istri dari Bupati Merangin yang juga menjadi Ketua TP PKK Merangin. Dibuatnya taman bunga ini berawal dari sebuah keinginan menciptakan tempat wisata baru di Jangkat selain air terjun, ataupun danau.

Sebuah plang besar akan menyambut wisatawan saat menginjakkan kaki di Hesti’s Garden. Saat memasuki lokasi taman, pengunjung akan disuguhkan dengan aneka bunga cantik yang sangat indah unutk dipandang. Pengunjung bisa jalan-jalan untuk menikmati setiap sudut taman yang dipenuhi dengan warna-warni bunga.

Hesti’s Garden merupakan taman yang memiliki luas mencapai 1 hektar. Setidaknya terdapat puluhan jenis bunga yang ditanam di kawasan ini. Tak hanya bunga lokal saja, ada juga beberapa jenis bunga dari luar negeri yang bisa ditemui ditaman ini. Bunga seperti jengger ayam, begonia, krokot, hangjuang, bunga matahari, salfia, dahlia, sanggul ungu serta masih banyak lagi jenis bunga yang bisa dijumpai.

Fenomena taman bunga unik ini memang mendapatkan antusias yang cukup luar biasa. Tak hanya dari dalam daerah saja, banyak pengunjung yang rela datang jauh-jauh dari Jakarta, Bandung, Medan dan masih banyak lagi dari kota lainnya. Saat hari raya, atau musim liburan taman pun akan dipadati wisatawan yang hendak berlibur bersama keluarga.

Bunga-bunga yang ada di Hesti’s Garden ini ditata dengan sedemikian rupa sehingga nampak rapi dan apik. Desain taman pun terlihat sangat professional, wisatawan akan dimudahkan untuk mengelilingi taman, karena tersedia lorong-lorong untuk berjalan. Lorong ini juga untuk mencegah rusaknya tanaman karena terinjak oleh pengunjung.

Komposisi dari warna-warna bunga dibuat sangat indah, sehingga menciptakan kombinasi warna yang memukau. Bunga-bunga tak hanya ditanam dilahan terbuka, tetapi juga ada sebuah rumah plastik yang bisa dikunjungi. Wisatawan pun akan betah berlama-lama, keindahan taman ini juga ditambah dengan suasana asri dan udara sejuk yang bisa dirasakan.

12.  Bukit Kayangan Kerinci

IMG_20161231_095845_HDR

Secara geografis, Bukit Khayangan terletak pada Desa Renah Kayu Embun, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi. Lokasi bukit pun bisa dicapai dengan mudah, hanya dengan menempuh jarak sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Sungai Penuh dan memakan waktu kurang lebih 30 menit berkendara. Kondisi jalan yang beraspal mulus juga akan memudahkan wisatawan menuju ke lokasi bukit.

Apabila pengunjung berasal dari Kota Jambi, maka diperlukan waktu perjalanan selama 8 hingga 10 jam. Sayangnya, masih belum ada transportasi umum yang bisa mengantar wisatawan menuju bukit. Selama perjalanan pun, wisatawan akan disambut dengan suasana pedesaan Kerinci serta panorama alam berupa hamparan sawah, serta hijaunya deretan perbukitan.

Keindahan alam yang menakjubkan akan tersaji ketika tiba di puncak bukit. Panorama alam berupa hamparan bukit barisan, persawahan, dan juga ladang-ladang milik warga yang berada dipunggung bukit akan menyihir pandangan wisatawan. Dari puncak bukit, juga terpampang dengan jelas keindahan dari Kota Sungai Penuh.

Berada pada ketinggian 1.500 meter diatas permukaan laut, Bukit Khayangan memang menjadi primadona wisatawan dari dan luar kota. Bukit ini juga masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Saat cuaca cerah, panorama yang ditawarkan pun semakin memukau. Komposisi warna hijau dari perbukitan dan birunya langit, merupakan perpaduan pas yang sedap untuk dipandang.

13.  Air Terjun Telun Sakti Seluro Batang Asai Sarolangun

DSC08901

Selain sumber daya alam yang melimpah, Sarolangun dikarunia alam yang indah yang dapat menarik wisatawan asing maupun domestik. Kabupaten Sarolangun bisa dibilang Kabupaten kecil di Provinsi Jambi namun soal kekayaan alam baik itu Emas, Batubara dan Migas tidak diragukan lagi sangat banyak dan juga sebagai pintu gerbang perbatasan Provinsi Jambi dengan Provinsi Sumatera Selatan, ternyata bukan hanya memiliki Kekayaan Alam namun juga memiliki banyak potensi wisata yang masih terpendam, Selasa (30/08/17)

Kawasan dan tempat-tempat wisata banyak tersebar di Kecamatan Batang Asai Khususnya di Bathin Pengambang Kabupaten Sarolangun, potensi wisata yang belum dikelola dengan baik oleh Pemerintah Daerah.

Sumber : Pesona Jambi, Objek Wisata Jambi, Bayu Riyanto

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s